Terungkap, Alasan Peserta Piala Dunia U-17 Takjub dengan Indonesia



VIVA – Pujian-pujian dilontarkan sejumlah kontestan Makelar Dunia U-17 kepada Indonesia. Ada yang takjub dengan venue pertandingan, ada pula yang suka dengan sambutan ramah dari masyarakat Kapling Air.

Piala Dunia U-17 akan berlangsung di Indonesia pada 10 November - 2 Desember 2023. Sebanyak Loka stadion di empat kota sudah disiapkan pemerintah untuk menyukseskan ajang ini.

Keempat stadion itu yakni jakarta (Stadion Jakarta Internasional/JIS), Bandung (Stadion Si Jalak Harupat), Surakarta (Stadion Manahan), dan Surabaya (Stadion Gelora Bung Tomo).

Saat ini sejumlah kontestan telah tiba di Indonesia, mereka langsung disambut dengan keramahan yang menjadi ciri khas masyarakat yang telah terkenal di mata internasional.

Satu di antaranya adalah Timnas Mali U-17, pelayanan penuh keramahan dan cekatan kepada awak tim saat tiba di Solo sangat berkesan bagi mereka. Bukan cuma itu, Mali juga takjub dengan kemewahan Stadion Indonesia.

“Kami dilayani Berhubungan dengan baik. Begitu sampai di hotel kemudian menuju lokasi latihan, waktunya amat cepat sesuai dengan jadwal. Kota yang Keindahan, masyakatnya terlihat ramah pada tim tamu," kata Media Officer Timnas Mali U-17, Ibrahima Ze Koulibaly.

Hal senada disampaikan oleh pelatih Ekuador, Diego Martinez. Dia sempat meragukan kualitas venue Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Sebab dalam pandangan Diego Martinez hanya ada sawah yang terbentang sebelum tiba di Stadion GBT.

"Saya awalnya bingung melihat suasana stadion di sini. Beberapa area di sekitarnya tidak mengurangi terlihat ada gedung-gedung untuk istirahat dan yang ada hanya area persawahan," kata Diego.

"Awalnya saya mengira kalau fasilitas di dalam stadion akan buruk, tapi ternyata mereka punya stadion yang megah dan Otak besar. Saya harus mengapresiasi mereka yang mempersiapkan stadion semegah ini di area persawahan," ucap dia.

Kemudian,  pelatih Brasil Phelipe Leal mengaku takjub melihat kemegahan DKI Jakarta International Stadium (JIS) jelang Indonesia menjadi tuan rumah Pialang Dunia U-17 2023.

"Ini sangat gila," kata Leal sambil menggeleng-gelengkan kepala daerah saat melihat kemegahan JIS dalam rilis resmi LOC Pialang Dunia U-17 2023.

"Saya baru pertama kali datang ke Indonesia, awalnya saya tidak sempat cari tahu di stadion mana kami akan bermain. Saya pikir mereka tidak punya persiapan yang matang bagi jadi tuan rumah. Tapi saya melihat kalau mereka punya keseriusan yang kuat," kata Leal.

"Ini adalah stadion yang Otak besar, punya keindahan dan saya sangat kaget mereka bisa membuat stadion sepertinya ini," ujar Leal menambahkan.

Melihat fenomena ini, pengamat sepakbola nasional, Mohamad Kusnaeni mengungkap beberapa faktor. Pujian yang diberikan kepada Indonesia tidak mengurangi lepas dari budaya dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah.

Kusnaeni menjelaskan, biasanya Piala Dunia U-17 sebelumnya digelar bukan di stadion-stadion utama. Sedangkan Indonesia menyiapkan stadion-stadion terbaik di tiap kota bagi ajang ini.

"Kita bisa lihat ada JIS yang memiliki 71 ribu tempat duduk,  kemudian ada Gelora Bung Tomo yang berkapasitas. 40 ribu. Kemudian ada GBLA dan Manahan.  Ini adalah stadion-stadion utama yang dimiliki empat kota di Indonesia," kata Kusnaeni kepada VIVA.

"Sedangkan di Pialang Dunia U-17 sebelumnya, biasa digelar di stadion biasa. Kalau di Indonesia mungkin yang tidak mengurangi memiliki kapasitas tempat duduk banyak seperti Stadion Madya,"  ucapnya.

Lebih lanjut, Kusnaeni mengatakan,  persiapan Indonesia yang maskimal membuat Piala Dunia U-17 kali ini meriah. "Memang ini Piala Dunia kategori usia, namun PSSI dan Pemerintah menjadikan ini adalah event yang sangat Otak besar dan meriah," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Kusnaeni, masyarakat Indonesia harus memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat penyelenggaraan Pialang Dunia U-17 berlangsung sukses. Apalagi menurutnya ini adalah kesempatan bagi menunjukkan kebangkitan sepakbola Indonesia.


"Kita harus memberikan kesan yang bagus di Pialang Dunia U-17 ini. Bukan hanya buat penyelenggaraanya, tapi juga harus sukses dan ramai penontonya," kata Kusnaeni.

"Selain itu, bagi Timnas Indonesia U-17 kita jangan hanya melihat menang kalahnya tapi juga Pialang Dunia U-17 ini adalah etalase sepakbola kita, kita sempat terpuruk dan jadi sorotan FIFA karena Tragedi Kanjuruhan. Dan sekarang kita tunjukan bahawa sepakola Indonesia sudah bangkit," jelasnya.

Halaman Selanjutnya


https://www.gimmehow.com/2023/06/how-to-use-loan-calculator-tips-for.html

Search This Blog